Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc. Deklarasikan Cinta Florikultura Indonesia

Pencanangan hari Florikultura Indonesia oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution telah dilaksanakan pada hari Senin, 24 Juli 2017. Rangkaian berikutnya ialah dilaksanakannya seminar Florikultura Nasional di IPB Convention Center, pada tanggal 28 Juli 2017. Kemarin, Sabtu 29 Juli 2017 acara Florikultura Indonesia 2017 di Kampus IPB Baranangsiang resmi dibuka oleh Ibu Mufidah Yusuf Kalla. Pada hari ini Minggu, 30 Juli 2017 Rektor IPB, Bapak Herry Suhardiyanto mendeklarasikan cinta florikultura Indonesia sebagai bentuk dorongan terhadap keberlanjutan dan perkembangan sektor florikultura Indonesia.

Dalam acara deklarasi ini turut pula menyampaikan sambutan Deputi Bidang Koodinasi Pangan dan Pertanian Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Musdhalifah Machmud, serta walikota Bogor Bapak Bima Arya Sugiarto. Keduanya sepakat atas terselenggaranya event Florikultura Indonesia 2017 di kota Bogor, karena ini merupakan momen edukasi, serta pengenalan dunia florikultura bagi masyarakat.

Dalam deklarasi tersebut Bapak Rektor menegaskan bahwa, “sudah saatnya sektor florikultura menjadi salah satu ruas tulang punggung pertanian bangsa”. Oleh karena itu, pengembangan bisnis florikultura nasional harus didorong agar dapat meningkatkan perekonomian negara.

Setelah prosesi deklarasi tersebut, Bapak Herry Suhardiyanto, dan Bapak Bima Arya Sugiyarto juga melepas peserta karnaval Florikultura Indonesia 2017. Rangkaian karnaval tersebut terdiri atas 8 tim mobil hias, 5 tim marching band, pawai yang dimeriahkan 10 komunitas, dan 3 tim dari SMP di Bogor. Karnaval tersebut dilaksanakan mulai pukul 07.00 dengan rute mengitari kebun raya Bogor. Turut ikut serta masyarakat umum dalam karnaval ini.

Selain terdapat karnaval, pada hari ini juga digelar talkshow IALI dengan narasumber dengan tema Pemanfaatan Lahan Terbatas dengan Tanaman Hias, serta pelaksanakan lomba fashion show anak. Dalam talkshow tersebut terdapat juga demo vertikal garden. Menurut Hari Harjanto, vertikal garden ialah salah satu langkah sederhana untuk bercocok tanam di lahan sempit. Pada lomba fashion show anak tersebut dimeriahkan oleh puluhan siswa-siswi SD dari Jabodetabek. Agenda lanjutan ialah penampilan demo memasak oleh Chef Jack Singodimedjo.

Pada pukul 16.00, rencananya Bapak Menteri Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution resmi menutup acara Florikultura Indonesia 2017 dengan menekan sirene secara simbolis. Suara sirene tersebut memang menutup acara FI 2017 akan tetapi perjuangan untuk mendorong industri florikultura nasional masih perlu langkah panjang, dan pengawasan berkala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *