Hari Pertama Acara Florikultura Indonesia 2017, Mufidah Jusuf Kalla: Perjuangan Membangkitkan Florikultura Nasional Baru Dimulai

Sabtu 29 Juli 2017 merupakan hari pertama rangkaian acara Florikultura Indonesia. Pada hari ini telah dibuka secara resmi acara Florikultura Indonesia (FI) 2017 oleh Ibu Mufidah Jusuf Kalla. Acara FI 2017 dibuka dengan penancapan bunga secara simbolis di rangkaian. Bersamaan penancapan tersebut dibuka juga bursa hortikultura yang akan berlangsung sampai besok, Minggu 30 Juli 2017. Ibu Mufidah Yusuf Kalla mengunjungi stand-stand yang ada di bursa hortikultura untuk melihat kondisi bisnis Florikultura yang telah berkembang.

Bursa hortikultura tersebut menjadi salah satu kegiatan utama dari Florikultura Indonesia, yang dilaksanakan pada tanggal 29 -30 Juli 2017. Terdapat 100 bursa pertanian dan 11 bursa kuliner yang terdapat di lapangan IPB Baranangsiang. Bursa ini diikuti oleh perorangan, UMKM, ataupun swasta. Tujuan dari kegiatan ini adalah mempromosikan bunga-bunga nusantara sebagai salah satu sektor perekonomian di Indonesia.

Dalam sambutannya Ibu Mufidah Yusuf Kalla menyampaikan, “Florikultura merupakan salah satu aset ekonomi yang perlu dikembangkan, dan acara FI 2017 ini ialah momentum terbaik untuk mulai mengoptimalkan aset ini”.

Selain bursa hortikultura juga dilaksanakan aneka perlombaan. Salah satunya ialah lomba merangkai bunga yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Florikultura Indonesia 2017 yang diadakan pada tanggal 29 Juli 2017. Tujuan dari lomba ini adalah memperkenalkan tanaman hias kepada masyarakat umum.  Lomba merangkai bunga dibagi menjadi dua kategori yaitu kelas pemula dan kelas professional. Bunga yang digunakan untuk  lomba merangkai bunga kelas pemula adalah bunga anggrek dendrobium sedangkan lomba merangkai bunga kelas professional menggunakan aneka macam bunga nusantara.  Total peserta yang mengikuti lomba ini sebanyak 30 peserta yang hadir dari seluruh penjuru Indonesia. Terdapat hadiah uang tunai dengan total 9 juta rupiah untuk peserta dengan hasil rangkaian terbaik.

Rangkaian acara selanjutnya ialah talkshow. Sesi pertama ialah talkshow Asosiasi Bunga Indonesia (Asbindo) dengan tema : “Prospek Tanaman Hias Daun”. Pembicara dalam talkshow ini adalah Ossy Safitri dan dimoderatori oleh Juang Gema Kartika S.P, M.Si. Talkshow kedua diisi oleh Ikatan Perangkai Bunga Indonesia (IPBI) dengan tema “Santai dan Kreatif Merangkai Anggrek untuk Pemula” dengan pembicara Lucia Laras Purwaningrum  (perwakilan ASBINDO bidang Humas dan Dokumentasi) dan dimoderatori oleh Dr. Dewi Sukma S.P, M.Si.

Turut hadir dan memberikan sambutan Rektor IPB, Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto M.Sc., serta Walikota Bogor, Dr. Bima Arya Sugiarto. Rencananya Minggu 30 Juli 2017 akan dilaksanakan Deklarasi Kebangkitan Florikultura Indonesia, Karnaval, Demo Memasak Bunga, Lomba Fashion Show, serta Talkshow IALI. Acara tersebut akan dilaksanakan dari pukul 06.30 sampai dengan 16.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *